Pengertian Sistem Informasi

  1. Pengertian Sistem Informasi

    Menurut Gordon B. Davis (1991: 91) dalam catatan Isma Kurniawan, "Sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima masukan data dan instruksi, mengolah data tersebut sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya."

  2. Pengertian Sistem Informasi Manajemen

    Menurut Barry E.Cushing, SIM adalah:

    "Suatu sistem informasi manajemen adalah Kumpulan dari manusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk mengahasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian". (Jogiyanto, Hal 14: 2005).

    Menurut Frederick H.Wu SIM adalah :

    "Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan-kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen". (Jogiyanto,2005,14).

    Menurut Gordon B.Davis dalam buku 'Kerangka dasar SIM', SIM adalah:

    "Sistem Informasi Manajemen adalah Suatu serapan teknologi baru kepada persoalan keorganisasian dalam pengolahan transaksi dan pemberian informasi bagi kepentingan keorganisasian". (Gordon B.Davis,1985;23).

    Masih menurut Gordon.B Davis, dalam buku 'Analisis dan Desain informasi' SIM', adalah:

    "Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu sistem yang melakukan fungsi-fungsi untuk menyediakan semua informasi yang mempengaruhi semua operasi organisasi". (Jogiyanto,2005,15).

    Menurut George M.Scott, dalam buku 'Prinsip-prinsip SIM' adalah :

    "Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian Sub-sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar criteria mutu yang telah ditetapkan".

Jadi dari beberapa definisi sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen.
Previous
Next Post »