Konsep Pemrograman dan Paradigma

Pada dasarnya komputer hanya mengenali bilangan biner, yaitu hanya angka 0 dan 1. Itu berarti kode kode ini sangat berbeda jauh dengan bahasa manusia, sehingga hal ini menyulitkan manusia untuk menjalankan perintah-perintah yang diinginkan. Karena permasalahan tersebut, maka muncullah ide-ide baru untuk membuat program-program aplikasi yang mendekati bahasa manusia.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi pemrograman yang sudah ada. Dan aplikasi pemograman ini pun dibagi menjadi dua bahasa komputer, yaitu:
  1. Compiler

    Yaitu bahasa pemrograman yang membutuhkan proses compile, biasanya pemrograman yang seperti ini akan menghasilkan file baru dari hasil compilasi.

    Contoh: Java

  2. Interpreter.

    Yaitu bahasa pemrograman yang langsung dieksekusi tanpa membutuhkan proses compile.

    Contoh: html, php.

TINGKATAN BAHASA PEMROGRAMAN

  • Bahasa Pemrograman tingkat rendah (Assembler)

  • Bahasa Pemrograman tingkat menengah/sedang.

    Contoh: C, Pascal, Fortran

  • Bahasa Pemrograman tingkat tinggi

    Contoh: java, C++, C#







Catatan:
Semakin tinggi bahasa pemrograman, maka semakin mudah untuk dimengerti manusia karena sudah mirip dengan bahasa manusia, namun semakin tinggi bahasa pemrograman maka komputer akan semakin lama untuk menerjemahkan perintah-perintah yang kita berikan, begitu pula sebaliknya.

PARADIGMA PEMROGRAMAN
Pada dasarnya semua programan memiliki konsep dasar yang sama yaitu mengelompokkan data-data yang sama menjadi satu, kemudian dikonversi ke dalam bahasa Pemrograman.

FUNCTIONAL PROGRAMMING

Fungsi diurutkan secara Sekuensial (Scheme, Lisp)

PROCEDURAL PROGRAMMING

Penyelesaian masalah bergantung kepada prosedur kerja yang terkumpul dalam unit pemrograman yang disebut fungsi.

OBJECT ORIENTED PROGRAMMING

Koleksi object yang saling berinteraksi dan kelas berperan sebagai unit programan (Java, C++,C#). berikut ini adalah contoh pemrograman sederhana menggunakan java. program ini tentang perhitungan luas bidang...
 import java.util.Scanner;  
 // untuk memberikan inputan pada command line  
 public class programbidang{  
 // class programbidang  
 static Scanner asal = new Scanner(System.in);  
 // membuat inputan dengan nama asal  
   public static void main (String[]args){  
   // membuat method main dengan akses level public dan berparameter String  
     char tanya = 'y';  
     // membuat variable "tanya" dengan tipe data char;  
     while (tanya == 'y' || tanya == 'Y'){  
     //membuat kondisi perulangan, jika variable "tanya" yang diinput memiliki nilai y atau Y maka perintah dalam block ini dijalankan  
     System.out.println("PROGRAM PENGHITUNG BIDANG & VOLUME");  
     // mencetak text "PROGRAM PENGHITUNG BIDANG & VOLUEM  
     System.out.println("====================================");  
     // mencetak text "===="  
     System.out.println("1. Program Luas Segitiga");  
     // mencetak text "1. Program Luas Segitiga  
     System.out.println("2. Program Luas Segiempat");  
     // mencetak text "2. Program luas segiempat  
     System.out.println("3. Program Volume Balok");  
     // mencetak text dalam tanda petik  
     System.out.println("4. Program Limas Segi Empat");  
     // mencetak text dalam tanda petik  
     System.out.println("====================================");  
     // mencetak text dalam tanda petik  
     System.out.print("Masukkan Pilihan Program: ");  
     // mencetak text dalam tanda petik  
     int Pilihan;  
     // membuat variable dengan nama pilihan dengan tipe data Integer  
     int a;  
     // membuat variabel "a" dengan tipe data integer;  
     Pilihan = asal.nextInt();  
     // mengisi variabel "PIlihan dengan inputan dari user.  
     switch (Pilihan){  
     //jika variable pilihan disi dengan angka 1,2,3 atau 4 maka perintah dalam block ini akan dijalankan  
     case 1:  
     // jika user memberi inputan 1, maka pilihan ini akan dieksekusi  
       float alas, tinggi, luas;  
       //membuat 3 buah variable dengan tipe float  
       System.out.println("====================================");  
       // mencetak text dalam tanda petik  
       System.out.print("Masukkan nilai Alas   : ");  
       // mencetak text dalam tanda petik  
       alas = asal.nextFloat();  
       // mengisi variable alas dengan inputan dari user  
       System.out.print("Masukkan nilai Tinggi  : ");  
       // mencetak text dalam tanda petik  
       tinggi = asal.nextFloat();  
       // memberi nilai tinggi sesuai dengan inputan user  
       luas = (alas * tinggi)/2;  
       // mengisi variable luas dengan hasil dari operasi alas x tinggi / 2  
       System.out.println("====================================");  
       // mencetak text dalam tanda petik  
       System.out.println("Hasil: "+luas);  
       // mencetak text "hasil: +"nilai variable luas  
       System.out.println("====================================");  
       // mencetak text dalam tanda petik  
     break;  
     // ini berfungsi untuk keluar dari perintah yang ada diantara block switch  
     case 2:  
     // perintah ini akan dieksekusi jika user memberikan inputan 2  
       float panjang, lebar;  
       // membuat 2 buah variable dengan tipe data float <bilangan desimal>;  
       System.out.println("====================================");  
       // mencetak text dalam tanda petik  
       System.out.print("Masukkan nilai panjang: ");  
       // mencetak text dalam tanda petik  
       panjang = asal.nextFloat();  
       // mengisi variable panjang sesuai dengan inputan dari user  
       System.out.print("Masukkan nilai lebar : ");  
       // mencetak text dalam tanda petik  
       lebar  = asal.nextFloat();  
       // mengisi variable lebar sesuai inputan dari user  
       System.out.println("====================================");  
       // mencetak text dalam tanda petik  
       System.out.println("Hasil: "+(panjang * lebar));  
       // mencetak text "hasil <hasil perkalian panjang dan lebar>"  
       System.out.println("====================================");  
       // mencetak text dalam tanda petik  
     break;  
     // untuk keluar dari block "switch"  
     case 3:  
       float panjangbalok, lebarbalok, tinggibalok;  
       System.out.println("====================================");  
       System.out.print("Masukkan nilai panjang : ");  
       panjangbalok = asal.nextFloat();  
       System.out.print("Masukkan nilai lebar  : ");  
       lebarbalok = asal.nextFloat();  
       System.out.print("Masukkan nilai tinggi : ");  
       tinggibalok = asal.nextFloat();  
       System.out.println("====================================");  
       System.out.println("Hasil : "+(panjangbalok*lebarbalok*tinggibalok));  
       System.out.println("====================================");  
     break;  
     case 4:  
       float panjanglimas, lebarlimas, tinggilimas;  
       System.out.println("====================================");  
       System.out.print("Masukkan nilai panjang : ");  
       panjanglimas = asal.nextFloat();  
       System.out.print("Masukkan nilai lebar  : ");  
       lebarlimas = asal.nextFloat();  
       System.out.println("Masukkan nilai tinggi: ");  
       tinggilimas = asal.nextFloat();  
       System.out.println("====================================");  
       System.out.print("Hasil : "+(panjanglimas*lebarlimas*tinggilimas/3));  
       System.out.println("====================================");  
     default:  
     // perintah ini akan dieksekusi jika user memasukkan inputan angka selain 1,2,3 atau 4  
     System.out.println("PILIHAN TIDAK ADA");  
     }  
     System.out.print("Ingin mencoba lagi? y/n : ");  
     // mencetak text dalam tanda petik  
     tanya = asal.next().charAt(0);  
     // mengisi variable tanya sesuai inputan user, jika selain huruf Y atau y maka program akan selesai...  
     // jika user mengisi y atau Y maka akan kembali kepada perulangan While{}  
     }  
   }  
 }  
Previous
Next Post »