Saat ini sudah banyak sekali aplikasi pemrograman yang sudah ada. Dan aplikasi pemograman ini pun dibagi menjadi dua bahasa komputer, yaitu:
- CompilerYaitu bahasa pemrograman yang membutuhkan proses compile, biasanya pemrograman yang seperti ini akan menghasilkan file baru dari hasil compilasi.Contoh: Java
- Interpreter.Yaitu bahasa pemrograman yang langsung dieksekusi tanpa membutuhkan proses compile.Contoh: html, php.
TINGKATAN BAHASA PEMROGRAMAN
- Bahasa Pemrograman tingkat rendah (Assembler)
- Bahasa Pemrograman tingkat menengah/sedang.
Contoh: C, Pascal, Fortran - Bahasa Pemrograman tingkat tinggi
Contoh: java, C++, C#
Catatan:
Semakin tinggi bahasa pemrograman, maka semakin mudah untuk dimengerti manusia karena sudah mirip dengan bahasa manusia, namun semakin tinggi bahasa pemrograman maka komputer akan semakin lama untuk menerjemahkan perintah-perintah yang kita berikan, begitu pula sebaliknya.
PARADIGMA PEMROGRAMAN
Pada dasarnya semua programan memiliki konsep dasar yang sama yaitu mengelompokkan data-data yang sama menjadi satu, kemudian dikonversi ke dalam bahasa Pemrograman.
FUNCTIONAL PROGRAMMING
Fungsi diurutkan secara Sekuensial (Scheme, Lisp)
PROCEDURAL PROGRAMMING
Penyelesaian masalah bergantung kepada prosedur kerja yang terkumpul dalam unit pemrograman yang disebut fungsi.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING
Koleksi object yang saling berinteraksi dan kelas berperan sebagai unit programan (Java, C++,C#). berikut ini adalah contoh pemrograman sederhana menggunakan java. program ini tentang perhitungan luas bidang...
import java.util.Scanner;
// untuk memberikan inputan pada command line
public class programbidang{
// class programbidang
static Scanner asal = new Scanner(System.in);
// membuat inputan dengan nama asal
public static void main (String[]args){
// membuat method main dengan akses level public dan berparameter String
char tanya = 'y';
// membuat variable "tanya" dengan tipe data char;
while (tanya == 'y' || tanya == 'Y'){
//membuat kondisi perulangan, jika variable "tanya" yang diinput memiliki nilai y atau Y maka perintah dalam block ini dijalankan
System.out.println("PROGRAM PENGHITUNG BIDANG & VOLUME");
// mencetak text "PROGRAM PENGHITUNG BIDANG & VOLUEM
System.out.println("====================================");
// mencetak text "===="
System.out.println("1. Program Luas Segitiga");
// mencetak text "1. Program Luas Segitiga
System.out.println("2. Program Luas Segiempat");
// mencetak text "2. Program luas segiempat
System.out.println("3. Program Volume Balok");
// mencetak text dalam tanda petik
System.out.println("4. Program Limas Segi Empat");
// mencetak text dalam tanda petik
System.out.println("====================================");
// mencetak text dalam tanda petik
System.out.print("Masukkan Pilihan Program: ");
// mencetak text dalam tanda petik
int Pilihan;
// membuat variable dengan nama pilihan dengan tipe data Integer
int a;
// membuat variabel "a" dengan tipe data integer;
Pilihan = asal.nextInt();
// mengisi variabel "PIlihan dengan inputan dari user.
switch (Pilihan){
//jika variable pilihan disi dengan angka 1,2,3 atau 4 maka perintah dalam block ini akan dijalankan
case 1:
// jika user memberi inputan 1, maka pilihan ini akan dieksekusi
float alas, tinggi, luas;
//membuat 3 buah variable dengan tipe float
System.out.println("====================================");
// mencetak text dalam tanda petik
System.out.print("Masukkan nilai Alas : ");
// mencetak text dalam tanda petik
alas = asal.nextFloat();
// mengisi variable alas dengan inputan dari user
System.out.print("Masukkan nilai Tinggi : ");
// mencetak text dalam tanda petik
tinggi = asal.nextFloat();
// memberi nilai tinggi sesuai dengan inputan user
luas = (alas * tinggi)/2;
// mengisi variable luas dengan hasil dari operasi alas x tinggi / 2
System.out.println("====================================");
// mencetak text dalam tanda petik
System.out.println("Hasil: "+luas);
// mencetak text "hasil: +"nilai variable luas
System.out.println("====================================");
// mencetak text dalam tanda petik
break;
// ini berfungsi untuk keluar dari perintah yang ada diantara block switch
case 2:
// perintah ini akan dieksekusi jika user memberikan inputan 2
float panjang, lebar;
// membuat 2 buah variable dengan tipe data float <bilangan desimal>;
System.out.println("====================================");
// mencetak text dalam tanda petik
System.out.print("Masukkan nilai panjang: ");
// mencetak text dalam tanda petik
panjang = asal.nextFloat();
// mengisi variable panjang sesuai dengan inputan dari user
System.out.print("Masukkan nilai lebar : ");
// mencetak text dalam tanda petik
lebar = asal.nextFloat();
// mengisi variable lebar sesuai inputan dari user
System.out.println("====================================");
// mencetak text dalam tanda petik
System.out.println("Hasil: "+(panjang * lebar));
// mencetak text "hasil <hasil perkalian panjang dan lebar>"
System.out.println("====================================");
// mencetak text dalam tanda petik
break;
// untuk keluar dari block "switch"
case 3:
float panjangbalok, lebarbalok, tinggibalok;
System.out.println("====================================");
System.out.print("Masukkan nilai panjang : ");
panjangbalok = asal.nextFloat();
System.out.print("Masukkan nilai lebar : ");
lebarbalok = asal.nextFloat();
System.out.print("Masukkan nilai tinggi : ");
tinggibalok = asal.nextFloat();
System.out.println("====================================");
System.out.println("Hasil : "+(panjangbalok*lebarbalok*tinggibalok));
System.out.println("====================================");
break;
case 4:
float panjanglimas, lebarlimas, tinggilimas;
System.out.println("====================================");
System.out.print("Masukkan nilai panjang : ");
panjanglimas = asal.nextFloat();
System.out.print("Masukkan nilai lebar : ");
lebarlimas = asal.nextFloat();
System.out.println("Masukkan nilai tinggi: ");
tinggilimas = asal.nextFloat();
System.out.println("====================================");
System.out.print("Hasil : "+(panjanglimas*lebarlimas*tinggilimas/3));
System.out.println("====================================");
default:
// perintah ini akan dieksekusi jika user memasukkan inputan angka selain 1,2,3 atau 4
System.out.println("PILIHAN TIDAK ADA");
}
System.out.print("Ingin mencoba lagi? y/n : ");
// mencetak text dalam tanda petik
tanya = asal.next().charAt(0);
// mengisi variable tanya sesuai inputan user, jika selain huruf Y atau y maka program akan selesai...
// jika user mengisi y atau Y maka akan kembali kepada perulangan While{}
}
}
}
EmoticonEmoticon