Al bahri
Permana Raka Alam
Rahmat Badawi Siregar
Kasus VI
Pelajari dan pahami skenario pelayanan jasa warung telepon dibawah ini.
Warung Telepon Kontak Terus (WTKT) menyediakan jasa pelayanan telepon lokal, interlokal, dan internasional. Pemakai dapat menggunakan telepon yang tersedia dibox-box telepon. Data pembicaraan seperti jam bicara, lama bicara, tujuan, semuanya
tercatat dikomputer operator. Begitu pembicaraan berakhir, komputer akan menghitung besarnya tagihan dan mencetak struk tagihan. Penghitungan ini dilakukan dengan melihat tabel yang biaya yang terdiri dari zona tujuan bicara, lama, dan waktu bicara. Waktu bicara perlu dicatat berhubung perumtel/indosat menawarkan diskon pada waktu-waktu tertentu. Sesudah warung ini ditutup (jam 22.00), operator akan menjalankan program pembuatan laporan transaksi harian yang berisi detil transaksi dan total penerimaan.
tercatat dikomputer operator. Begitu pembicaraan berakhir, komputer akan menghitung besarnya tagihan dan mencetak struk tagihan. Penghitungan ini dilakukan dengan melihat tabel yang biaya yang terdiri dari zona tujuan bicara, lama, dan waktu bicara. Waktu bicara perlu dicatat berhubung perumtel/indosat menawarkan diskon pada waktu-waktu tertentu. Sesudah warung ini ditutup (jam 22.00), operator akan menjalankan program pembuatan laporan transaksi harian yang berisi detil transaksi dan total penerimaan.
Tugas :
- Gambarkanlah flowmap pelayanan WTKT tersebut (20 point).
- Daftarkanlah (gambarkan dengan menggunakan notasi bulanan), proses-proses apa saja yang terdapat pada WTKT tersebut, minimal 3 proses (bobot 20)
- Gambarkan mekanisme pelayanan ini dalam bentuk data flow Diagram ; Diagram Konteks, dan Level 0 (bobot 20)
- Tentukan etentitas apa saja yang terlibat dalam proses pelayanan tersebut, kemudian gambarkan etentitas-etentitas tersebut kedalam sebuah Entity relationship Diagram (ERD) (bobot 20)
- Konversikan ERD tersebut kedalam spesifikasi file. Buat spesifikasi masimng-masing file dengan menggunakan format pada lampiran 3 (bobot 20)
KASUS VII
Pelajari & Pahami skenario dibawah ini.
Apotik Sumber Waras (ASW) melayani penjualan obat secara tunai pakai resep ataupun penjualan tunai obat-obat tanpa resep.
Pelayanan konsumen dilakukan dengan menggunakan sebuah komputer untuk memeriksa ketersediaan obat dan harga. Dalam hal obat yang diminta konsumen berada dalam jangkauan pandangan ataupun ingatan petugas, maka beliau akan segera dapat melayani. Apabila tidak, petugas akan memeriksa status keberadaan obat yang diminta via komputer.
Setiap penjualan obat akan dicatat ke dalam komputer untuk mengurangi stock obat dan mencetak kwitansi.
Dalam hal penjualan obat berdasarkan resep, petugas akan mencatat nama dan alamat konsumen beserta obat yang dibeli. Hal ini diperlukan untuk pengamanan kalau-kalau terdapat kesalahan.
Setiap hari menjelang tutup, bagian keuangan akan mendapatkan laporan penerimaan hari itu.
Sedang bagian pengadaan akan mendapatkan laporan persediaan obat-obatan yang habis ataupun berada dibawah garis pesan ulang (reorder level).
Identifikasi
- Merekam persediaan obat beserta harga
- Merekan transaksi penjualan yang meliputi obat dan jumlah serta harga
- Mencetak kwitansi penjualan
- Merekam nama dan alamat serta obat dan jumlah obat serta harga untuk penjualan berdasarkan resep dokter
- Mencetak laporan keuangan dan persediaan untuk diserahkan kebagian Keuangan dan Pengadaan
Diminta :
- Buat DAD sampai dengan diagram primitif level terakhir.
- Buat ERD.
========================================================================
Kasus IX
Gambarkanlah Diagram Aliran Data (data flow diagram) logic pada sebuah sistem perpustakaan disalah satu instansi/perguruan tinggi yang saudara ketahui. Proses-proses yang harus ada pada diagram tersebut adalah :
- Pendafatran
- Peminjaman buku
- Pengembalian buku
- Hitung Denda
- Pembuatan Laporan.
Gambar saudara terdiri dari :
1. Diagram Konteks.
2. Diagram Level 0
3. Diagram Rinci
Jawab Kasus VII:
Jawab Kasus IX:
Diagram Rinci:
Kasus VI
Nomor 1
Nomor 4
- Nomor
- Waktu
- Tagihan
- Bayar
EmoticonEmoticon