Contoh Kata Pengantar

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas ridho dan hidayah-Nyalah Penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini. Maksud dan tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memenuhi persyaratan kelulusan program Studi Diploma III pada Jurusan Manajemen Informatika di AMIK Wahana Mandiri. Selain itu penulis juga dapat mencoba menerapkan dan membandingkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dibangku kuliah dengan kenyataan yang ada di lingkungan kerja. Penulis merasa bahwa dalam menyusun laporan ini masih menemui beberapa kesulitan dan hambatan, disamping itu juga menyadari bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan-kekurangan lainnya, maka dari itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari semua pihak.

Menyadari penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada:



  1. Bapak Asep Jalaludin, ST, MT selaku direktur AMIK Wahana Mandiri

  2. Bapak Yasin Effendi,S.Kom, M.Kom selaku Ketua Prodi dan dosen pembimbing pertama yang telah bersedia untuk meluangkan waktu untuk membimbing, memeriksa, serta memberikan petunjuk-petunjuk serta saran dalam penyusunan laporan ini.

  3. Kedua Ibu dan Bapak penulis yang dengan sabar dan gigih membesarkan dan mendo'akan Penulis.

  4. Bapak Dona Octanary, S.Pd sebagai dosen pembimbing kedua yang telah bersedia untuk meluangkan waktu untuk membimbing, memeriksa, serta memberikan petunjuk-petunjuk dalam penyusunan laporan.

  5. Bapak Gatot Hari Priowirjanto, yang tak pernah bosan memberikan semangat, dan atas bantuan beliaulah Penulis dapat mengikuti pendidikan ke jenjang D3 hingga dapat melaksanaan penulisan TA ini.

  6. Seluruh staf SEAMOLEC dan teman-teman penulis yang telah memberikan dukungan bagi penulis untuk menyelesaikan tugas akhir ini.

Serta seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah banyak membantu selama ini.

Akhir kata, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan karunia-Nya dan membalas segala amal budi serta kebaikan pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan laporan ini dan semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Jakarta, 7 April 2013

Al Bahri

BAB 1

PENDAHULUAN



  1. Latar Belakang

Perkembangan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah banyak merubah cara pandang masyarakat terhadap cara belajar, bekerja bahkan bermain. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya istilah-istilah baru dalam dunia kerja, pendidikan dan pelatihan yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi komputer. Beberapa istilah-istilah tersebut antara lain seperti e-mail (electronic eail), e-books (electronic book), e-learning, internet (interconnected network), cyber-campus dan termasuk juga seperti bank soal Latihan Ujian Bersama (LUB) yang dapat disimpan dan diakses secara online.

Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam bank soal sangat penting untuk mendukung efisiensi serta efektifitas dalam mengolah data yang sangat banyak secara terstruktur. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pekerjaan-pekerjaan yang rumit dalam menyusun dan mengelompokkan data secara manual dapat dilakukan dengan mudah.

SEAMOLEC sebagai lembaga regional yang memfokuskan pada pengembangan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), untuk institusi pendidikan, telah mengembangkan beberapa prototipe konten dan sistem penyampaiannya baik berupa permainan edukatif, online course, Sea-Cyberclass maupun materi cetak untuk mendukung pengembangan PJJ dengan misi peningkatan mutu pembelajaran.

Sea-Cyberclass merupakan sarana meningkatkan prestasi siswa melalui teknologi informasi dengan meminimalkan penggunaan kertas yang dilaksanakan oleh SEAMOLEC. Sea-Cyberclass dilaksanakan secara bertahap yang pada tahun 2011-2012 didahului dengan Latihan Ujian Bersama (LUB) secara jarak jauh, terpusat dan berskala nasional. (SEAMOLEC, Hal 12: 2012)

Latihan Ujian Bersama (LUB) ini ialah metode pembelajaran yang pada prinsipnya bertujuan untuk penyajian soal kepada siswa melalui bantuan proyektor yang sebelumnya telah disusun dengan sedemikian rupa dalam file powerpoint. Timer dari file powerpoint tersebut telah diatur dalam setiap slidenya sesuai dengan kondisi dari soal. Untuk memudahkan siswa dalam melihat batas waktu maka diberikanlah gambar animasi berupa waktu mundur sesuai dengan panjang waktu yang dibutuhkan. Umumnya setiap soal berada pada satu slide saja. Semua soal-soal inilah yang akan disimpan dalam sebuah bank soal berbasis web.

Pelaksanaan ujian try-out pada sekolah Menengah Atas (MA) atau yang disebut oleh SEAMOLEC sebagai Latihan Ujian Bersama telah dikembangkan sejak Tahun Ajaran 2011/2012 oleh divisi R n D (Research and Development) SEAMOLEC. Dengan dikembangkan metode ujian seperti ini diharapkan dapat meminimalkan anggaran ujian yang berdampak pada tingginya pungutan biaya sekolah terhadap siswa. Selain itu dengan penerapan metode ini siswa diharapkan dapat lebih tertarik untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan dan tidak hanya terpaku pada sistem pembelajaran seperti dahulu, dimana semua bahan ajar hanya dapat dibaca melalui buku.

Setelah Latihan Ujian Bersama (LUB) dilaksanakan, pihak sekolah yang mengikuti program ini diharuskan untuk mengirimkan semua nilai yang dicapai oleh seluruh siswa yang kemudian akan dianalisis oleh team R&D (Research and Development) SEAMOLEC. Hasil analisis ini kemudian akan dikirimkan kembali ke sekolah sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi sekolah untuk menghadapi Ujian Nasional (UN).

Ada beberapa faktor yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan bank soal Latihan Ujian Bersama (LUB) di kantor SEAMOLEC yang diantaranya ialah platform, konten (kualitas soal, tingkat kerumitan, SKL) dan mekanisme pemilihan soal. Konten atau materi bervariasi, baik dalam bentuk tulisan atau multimedia interaktif sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam bidang pendidikan, komponen konten dan komunikasi harus didesain dan dikembangkan dengan standar tertentu yang telah disetujui oleh para pakar, sehingga menghasilkan paket materi atau konten yang dapat dipelajari oleh pelajar. Konten tersebut harus dipastikan dapat diakses dan dimanfaatkan sebagai penunjang proses pembelajaran mereka.

Permasalahan yang timbul seiring dengan makin bertambahnya konten soal-soal tersebut adalah banyaknya soal yang tidak tertata serta terstruktur, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukannya. Karena sulitnya menemukan soal-soal yang dibutuhkan menggunakan sistem seperti dahulu menyebabkan banyaknya soal yang terlewatkan sehingga akhirnya tidak digunakan dalam Latihan Ujian Bersama yang dilaksanakan. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi pengelola soal karena tidak punya alternatif yang banyak dalam menentukan soal mana saja yang akan didistribusikan ke sekolah-sekolah.

Pada Tugas Akhir ini penulis merancang dan mengembangkan sistem baru untuk mengganti sistem lama yang menurut penulis memakan waktu dalam menggunakannya. Karena semuanya dilakukan secara manual dan menggunakan hasil cetak (print-out). Penulis sangat berharap sistem yang penulis kembangkan ini dapat membantu team R&D (Research and Development) SEAMOLEC, dalam memanajemen soal-soal Latihan Ujian Bersama.



  1. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan, maka rumusan masalah yang dapat disimpulkan adalah:



  • Bagaimana peran sistem yang baru dapat menggantikan sistem pengelolaan soal-soal Latihan Ujian Bersama (LUB) yang sebelumnya sehingga memudahkan proses pengelolaan data tersebut?

  • Bagaimana sistem dapat berfungsi sebagai media penyimpanan data soal-soal Latihan Ujian Bersama (LUB) yang aman?

  • Bagaimana sistem dapat menghasilkan data mengenai bank soal Latihan Ujian Bersama (LUB) yang baik dan akurat?


  1. Tujuan Penulisan
  • Memberikan alternatif sistem pengelolaan soal-soal Latihan Ujian Bersama (LUB) SEAMOLEC secara cepat dan akurat.

  • Mengembangkan alternatif sistem penyimpanan data yang aman dan tertata.


  1. Identifikasi dan Pembatasan Masalah

Dalam penulisan tugas akhir ini penulis membatasi permasalahan dalam lingkup:



  • Pembuatan sistem penyimpanan bank soal Latihan Ujian Bersama (LUB) di SEAMOLEC

  • Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, HTML, Mysql serta menggunakan framework
    Code Igniter.


  1. Sistematika Penulisan

Dalam penyusunan Tugas Akhir ini, pembahasan dan penganalisaannya diklasifikasikan secara sistematis ke dalam 5 (lima) bab yaitu:

BAB 1        : PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulisan mengemukakan tentang Latar Belakang Masalah, Tujuan Penulisan, Ruang Lingkup, dan Sistematika Penulisan.

BAB 2        : LANDASAN TEORI

Bab ini membahas secara singkat teori yang dipakai sebagai landasan dalam perancangan sistem, yang meliputi konsep dasar sistem informasi, pengembangan sistem informasi, Pemrograman PHP dan My SQL.

BAB 3        : ANALISA SISTEM

Dalam bab ini penulis melakukan analisis terhadap sistem pengelolaan soal-soal Latihan Ujian bersama yang berjalan di SEAMOLEC, dan kemudian penulis akan menuliskannya dalam bentuk Flowchart, DFD, ERD sebagai acuan untuk perancangan sistem informasi manajemen yang akan dikembangkan.

BAB 4        : RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM

Dalam bab ini penulis membuat rancangan sistem baru terhadap materi yang penulis angkat sesuai dengan judul yang diambil dari data yang diperoleh seperti Rancangan Database, Design Input, Design Output, Rancangan Database Program, Struktur Kode, Spesifikasi Hardware / Software dan Jadwal Implementasi.

BAB 5        : PENUTUP

Dalam bab ini berisikan tentang kesimpulan yang dapat penulis ambil dari penulisan ini, dan saran–saran yang berguna bagi team R&D (Research and Development) SEAMOLEC sebagai masukan.
Previous
Next Post »