Latar belakang Latihan Ujian Bersama

BAB 1

PENDAHULUAN



  1. Latar Belakang

    Perkembangan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah banyak merubah cara pandang masyarakat terhadap cara belajar, bekerja bahkan bermain. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya istilah-istilah baru dalam dunia kerja, pendidikan dan pelatihan yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi komputer. Beberapa istilah-istilah tersebut antara lain seperti e-mail (electronic eail), e-books (electronic book), e-learning, internet (interconnected network), cyber-campus dan termasuk juga seperti bank soal Latihan Ujian Bersama (LUB) yang dapat disimpan dan diakses secara online.

    Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam penanganan bank soal sangat penting untuk mendukung efisiensi serta efektifitas dalam mengolah data yang sangat banyak secara terstruktur. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pekerjaan-pekerjaan yang rumit dalam menyusun dan mengelompokkan data secara manual dapat dilakukan dengan mudah.

    Berdasarkan studi pendahuluan, seiring dengan makin bertambahnya konten soal, mengakibatkan banyaknya soal yang tidak tertata serta terstruktur, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukannya. Karena sulitnya menemukan soal-soal yang dibutuhkan menggunakan sistem seperti sebelumnya menyebabkan banyak soal yang terlewatkan sehingga akhirnya tidak digunakan dalam Latihan Ujian Bersama yang dilaksanakan. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi pengelola soal karena tidak punya alternatif yang banyak dalam menentukan soal mana saja yang akan didistribusikan ke sekolah-sekolah.

    Pada Tugas Akhir ini penulis merancang dan mengembangkan sistem baru untuk mengganti sistem lama yang menurut penulis memakan waktu dalam menggunakannya. Karena semuanya dilakukan secara manual dan menggunakan hasil cetak (print-out). Penulis sangat berharap sistem yang penulis kembangkan ini dapat membantu team R&D (Research and Development) SEAMOLEC, dalam memanajemen soal-soal Latihan Ujian Bersama.


Previous
Next Post »